4 Langkah Bangun Lebih Pagi

08/02/2010

Tidur awal dan bangun awal membuat seorang pria sehat, kaya dan bijaksana.” Kutipan Benjamin Franklin ini digunakan begitu sering sehingga hampir menjadi klise. Namun, nasihat sederhana ini dapat membuat perbedaan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Cukup tidur dan memiliki waktu ekstra pagi sebelum bergegas pergi akan memberikan ketenangan pikiran anda sepanjang hari. Cobalah memberikan sendiri sesuatu untuk diharapkan setiap pagi, bahkan sesuatu yang kecil seperti kopi berkualitas tinggi atau donat segar. Sedikit perlakuan untuk memulai hari dicampur dengan pagi hari yang padat dapat membuat semua perbedaan dalam
temperamen Anda. Apakah Anda rutin bangun awal atau hanya bangun untuk mengejar penerbangan  awal, dengan empat langkah mudah di bawah ini akan membantu Anda bangun lebih awal.

1 – Tidurlah lebih awal
Hal ini tampaknya sangat jelas jika Anda ingin bangun pagi-pagi, tapi terlalu banyak orang yang akan menunda tidur berpikir: “Yah, besok pun aku akan lelah.” Mendapatkan waktu tidur enam sampai delapan jam penuh dan tidak terganggu membuat semua perbedaan ketika bangun pagi  dan tetap fokus sepanjang hari. Banyak orang akan membuat alasan bahwa mereka tidak bisa
pergi tidur sebelum tengah malam. Anda bisa, Anda hanya perlu memulai proses awal. Satu hal yang akan membantu anda tidur adalah mematikan komputer Anda minimal satu jam sebelum pergi ke ranjang. Juga, jangan nonton TV tepat sebelum tidur, terutama berita. Biarkan otak punya waktu untuk mendingin. Bacalah buku atau menulis jurnal.

2 – Mengkonsumsi air
Jangan gila dan meminum delapan gelas tepat sebelum merangkak di tempat tidur, atau Anda akan terbangun dalam dua jam. Intinya adalah untuk minum beberapa gelas air, jadi Anda akan terhidrasi sepanjang malam dan di pagi hari. Dehidrasi akan menyebabkan Anda merasa loyo dan hanya membuat lebih sulit untuk bangun pagi. Selain itu, hindari kafein dan alkohol. Kafein
untuk alasan yang jelas, adalah stimulan, dan sementara alkohol adalah obat penenang, itu umumnya mengarah pada gelisah tidur. Makan sebelum tidur tidak mengganggu beberapa orang, tetapi untuk orang lain itu dapat menyebabkan mulas dan mimpi buruk. Bijaksanalah dengan makanan, tapi yang pasti jauhi makan malam yang pedas.

3 – Bangkit dan tetap terjaga
Apa pun yang Anda lakukan untuk keluar dari tempat tidur, lakukan saja. Letakkan jam alarm di seberang ruangan. Atur timer pada mesin pembuat kopi untuk memulai pembuatan . Lari ke kamar mandi untuk melegakan diri sendiri dan melompat di kamar mandi. Bagian tersulit dari bangun di pagi hari adalah mengambil langkah pertama dari tempat tidur. Jangan biarkan suara kecil mulai berbisik, “Hanya 10 menit lagi.” Lebih sepuluh menit tidak pernah cukup dan itu akan berubah menjadi lebih dari 10 menit lagi . Jangan tunda, langsung bangun. Apa pun yang Anda lakukan, jangan merangkak kembali ke tempat tidur setelah Anda berhasil keluar, tidak peduli seberapa mengundang.

4 – Membangun sebuah rutinitas
Bahkan jika Anda menggunakan teknik ini untuk bangun pagi-pagi untuk penerbangan, sebaiknya Anda membangun sebuah rutinitas di hari-hari sebelum mengarah ke situ. Membuat kopi, menuangkan segelas jus jeruk,sikat gigi, masuk ke kamar mandi; apa pun yang efektif untuk Anda, lakukan hal yang sama setiap pagi.

Dengan cara itu Anda akan memasuki pagi tanpa harus memikirkan hal itu. Juga, gunakan alarm jam dengan baterai cadangan untuk memastikan kekuatan listrik yang tidak mengacaukan jadwal Anda. Jika Anda bisa, tetap jalankan rutinitas Anda bahkan di akhir pekan, meskipun kita semua mengakui bahwa itu membutuhkan banyak kemauan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: